Amerika dan Turki Tidak Mengakui Sistem Federal Kurdi di Suriah Utara

13

Amerika Serikat, yang selama ini mendukung kelompok etnis Kurdi untuk memerangi ISIS, menyatakan tidak akan mengakui rencana kelompok Kurdi Suriah, PYD, untuk membentuk sistem federal di Suriah Utara. Sejalan dengan AS, pemerintah Turki yang kini tengah memerangi kelompok pemberontak Kurdi PKK, mengecam keras sistem federal semacam ini.

Berita Politik

Tiga wilayah otonomi yang dipimpin Kurdi di Suriah utara pada Kamis (17/3) mengumumkan rencana untuk membentuk sistem federal dalam waktu dekat. Langkah itu dilakukan Kurdi setelah mereka tidak diikutsertakan dalam perundingan damai Suriah di Jenewa, Swiss pekan ini.

Departemen Luar Negeri AS menyatakan tidak akan mendukung perpecahan di Suriah dan menilai setiap sistem federal yang akan dibentuk harus melalui kesepakatan dalam perundingan damai.

Timur Tengah – Islam Demokrat

Rencana pembentukan sistem federal dalam wilayah otonomi Kurdi Suriah tercetus dalam konferensi yang digelar pada Rabu dan dihadiri oleh 150 delegasi dari etnis KUrdi, Arab, Assyria, dan sejumlah pihak lainnya di Rmeilan, sebelah timur laut Provinsi Hasakeh, Suriah.

Konferensi engan tajuk “Sistem federal Demokrat untuk Rojava – Suriah Utara” ini berakhir dengan keputusan untuk membuat pengumuman sistem federal pada konferensi pers yang akan diselenggarakan pada Jumat (18/3).