Korea Utara Kembali Tembak Dua Rudal Balistik Menuju Pantai Timur

34

Pyongyang , Korut kembali melepaskan rudal balistik Menuju Pantai Timur. Hal ini memicu kecaman dari negara tetangga termasuk Jepang.

Petinggi militer Korsel mengatakan, rudal pertama yang dilesakkan terbang hingga 800 kilometer hingga jatuh di wilayah pesisir timur Korut pada Jumat 18 Maret. Sementara rudal kedua hilang dari radar tidak lama setelah rudal pertama, sekitar 17 kilometer.

Menurut Kantor Berita Yonhap, rudal kedua diperkirakan meledak di udara. Yonhap meyakini bahwa salah satu proyektil merupakan rudal jarak menengah, Rodong.

Rudal Rodong ini bisa menempuh jarak 1.300 kilometer. Melalui rudal tersebut, Korut mengancam wilayah Korsel dan sebagian wilayah Jepang.

Berita Politik

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengecam peluncuran rudal itu. Dia pun mendesak Korut menahan diri.

“Jepang menuntut agar Korut segera menahan diri. Kami pun akan mengambil tindakan, seperti aktivitas pengawasan dan memberikan peringatan kepada Korut,” ujar Abe.

Indonesia – Islam Demokrat

Peluncuran rudal itu dilakukan beberapa hari setelah pemimpin Korut Kim Jong-Un memerintahkan uji coba hulu ledak nuklir dan rudal balistik yang bisa membawa hulu ledak buklir.

Selain itu, Korut juga mengklaim berhasil melakukan tes simulasi terhadap kendaraan yang ditujukkan untuk menampung hulu ledak nukkir yang kembali dari atmosfer dari luar angkasa saat peluncuran rudal.