Amerika Serikat, Bencana Jika Negara-negara Asia Miliki Senjata Nuklir

Pihak Gedung Putih mengecam ide bakal calon presiden Donald Trump yang minta Pemerintah Amerika Serikat (AS) membiarkan negara-negara Asia seperti Jepang dan Korea Selatan memiliki senjata nuklir sendiri. Ide Trump itu dianggap sebagai bencana.

Menurut Gedung Putih, membiarkan negara-negara Asia memiliki senjata nuklir sendiri merupakan ide yang bertentangan dengan kebijakan luar negeri AS.

Amerika Serikat, Bencana Jika Negara-negara Asia Miliki Senjata Nuklir

“Seluruh premis kebijakan luar negeri Amerika yang berkaitan dengan senjata nuklir untuk 70 tahun terakhir adalah guna mencegah proliferasi senjata nuklir untuk negara tambahan,” kata Wakil Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Ben Rhodes, saat dimintai komentar perihal ide Donald Trump.

“Itu posisi (AS). Dari semua orang yang telah menduduki Kantor Oval. Ini akan menjadi bencana besar,” lanjut Rhodes, seperti dikutip dari Washington Post, Jumat (1/4/2016).

Ide Donald Trump itu muncul beberapa hari lalu menjelang KTT Keamanan Nuklir di Washington. KTT itu membahas pencegahan penyebaran senjata nuklir untuk kelompok-kelompok teroris dan mengurangi stok nuklir di seluruh dunia.

Trump, yang merupakan bakal calon presiden dari Partai Republik meminta Pemerintah AS agar membiarkan negara-negara Asia seperti Korea Selatan dan Jepang memiliki senjata nuklir sendiri dalam menghadapi potensi ancaman China dan Korea Utara. Alasannya, AS tidak bisa lagi melindungi dua sekutunya itu secara terus-menerus.

Tak hanya soal senjata nuklir bagi negara-negara Asia, miliarder AS itu mengancam untuk menarik pasukan AS dari Jepang dan Korea Selatan jika kontribusi kedua sekutu AS itu minim.

Source: islamdemokrat.com

Informasi lanjutnya bisa baca di berita politik situs ini !!