Pesta Kembang Api Kuil di India Berakhir dengan Tragedi

71

Pesta kembang api tahunan di sebuah kuil Hindu di Kota Paravur, India selatan, pada Minggu (10/4/2016), berakhir dengan tragedi kebakaran yang menewaskan 84 orang. Lebih dari 200 orang lainnya terluka.

Kebakaran hebat terjadi di Kuil Puttingal, di Kota Paravur. Bangunan kuil juga roboh akibat kebakaran dan ledakan kembang api.

“Banyak orang yang terkena puing-puing bangunan,” kata seorang saksi mata kepada Manorama News.

Beberapa korban luka telah dirawat di rumah sakit di Meeyapuram dan Kottiyam. Para korban rata-rata mengalami luka bakar.

Berita Tragedi

Tragedi pesta kembang itu itu terjadi hanya beberapa hari sebelum Festival Vishu di Kerala yang akan digelar pada tanggal 14 April 2016. Festival itu untuk menandai Tahun Baru India yang selalu dirayakan di seluruh negeri.

Kepolisian India menyatakan bahwa pengelola kuil sudah diperingatkan bahaya dari pesta kembang api di situs suci itu. Polisi memastikan, perayaan kembang api di kuil itu tidak mengantongi izin.

”Kuil menggelar pesta kembang api tahunan setiap tahun. Kami melakukan yang terbaik untuk menyelamatkan mereka yang masih terjebak,” kata menteri di negara bagian Kerala Ramesh Chennithala, seperti dikutip Indian Express.

Menurut dia, penyelidikan akan diluncurkan di lokasi kejadian.

Kuil Puttingal dikenal sebagai  salah satu situs suci tertua di daerah itu yang dikhususkan untuk pemujaan Dewi Puttungal. Festival tahunan di wilayah itu selalu menarik kerumunan besar baik penduduk lokal maupun warga asing.

Source : islamdemokrat

Informasi lanjutnya bisa baca di berita politik situs ini !!