Korut Ancang-ancang Uji Senjata Nuklir Kelima

87

Korea utara (Korut) berancang-ancang untuk menguji coba senjata nuklir terbaru atau yang kelima. Demikian disampaikan Presiden Korea Selatan (Korsel), Park Geun-hye, pada Senin (18/4/2016).

Presiden Park mengatakan, persiapan uji coba senjata nuklir terbaru rezim Kim Jong-un itu terdeteksi di sebelah utara perbatasan. Dia memerintahkan militer Korsel siap untuk menanggapi provokasi apapun.

”Kami berada dalam situasi di mana kita tidak tahu apakah Korut bisa meluncurkan provokasi sebagai langkah untuk mengatasi isolasi dan untuk mengkonsolidasikan persatuan internal,” katanya seperti dikutip kantor berita Yonhap.

Berita Mancanegara

Spekulasi atas uji coba nuklir baru oleh rezim Pyongyang sudah bermunculan. Sejumlah analis menyatakan uji coba senjata nuklir terbaru itu untuk mengimbangi peluncuran rudal balistik yang gagal pada 15 April 2016 lalu.

Para pejabat Korea Selatan percaya uji coba senjata nuklir kelima Korut bisa terjadi pada awal Mei 2016, sebelum partai berkuasa Korut menggelar kongres ketujuh.

Para pejabat Seoul mengatakan kepada Yonhap, bahwa telah terjadi peningkatan tajam dalam aktivitas di situs uji coba nuklir di wilayah timur negara itu, yang dikenal sebagai situs Punggye-ri.

”Dibandingkan dengan bulan lalu, frekuensi ‘buangan’ kendaraan, tenaga kerja dan peralatan meningkat dua sampai tiga kali lipat baru-baru ini,” tulis media Korsel itu mengutip keterangan salah satu pejabat Pemerintah Korsel.

”Pejabat terkait menyimpulkan bahwa itu adalah tanda yang meyakinkan bahwa Korea Utara sedang mempersiapkan uji coba nuklir kelima, dan mereka siaga pada situasi.”
 
Dewan Keamanan PBB telah menjatuhkan sanksi keras kepada Korut setelah negara itu mengaku telah berhasil menguji bom hidrogen pada bulan Januari 2016.

Source : islamdemokrat

Informasi lanjutnya bisa baca di berita politik situs ini !!

Dapatkan juga Berita Silet Hiburan dan Gosip Artis di situs ini !