Pesawat Mata-mata AS Dicegat Dilangit Oleh Pesawat Jet Tempur Su-27 Rusia

256

Militer Amerika Serikat (AS) kesal dengan aksi pesawat jet tempur Su-27 Rusia yang mencegat pesawat mata-mata AS; RC-135 di wilayah udara internasional di Baltik, hari Jumat. AS menegaskan, pesawat RC-135 tidak menerobos wilayah udara atau langit Rusia.

Kekesalan militer AS itu disampaikan juru bicar Komando AS-Eropa (Eucom), Letnan Kolonel David Westover, kepada Sputniknews, Sabtu (30/4/2016).

Berita Politik Mancanegara

Pentagon sebelumnya juga memprotes manuver pesawat jet tempur Su-27 Rusia itu. Menurut Pentagon, pesawat jet tempur Rusia itu melakukan manuver “barrel roll” di depan pesawat RC-135 yang hanya berjarak 25 kaki atau sekitar 7,6 meter.

”Pesawat AS beroperasi di wilayah udara internasional dan tidak pernah ada waktu menyeberang ke wilayah Rusia,” kata Westover.

“Mencegat pesawat yang tidak aman dan tidak profesional ini memiliki potensi untuk menyebabkan kerusakan serius dan cedera pada semua awak pesawat yang terlibat,” lanjut Letnan Kolonel dari Angkatan Udara AS itu.

Seorang pejabat Departemen Pertahanan Rusia; Laksamana Vladimir Komoedov, membantah potensi bahaya dalam kejadian itu. Dia justru bertanya-tanya mengapa AS menerbangkan pesawat mata-mata di dekat wilayah Rusia.

”Itu bukan buzz, atau serangan simulasi, sehingga semuanya baik-baik saja. Itu bukan manuver berbahaya,” kata Komoedov kepad Interfax.

“Mengapa mereka terbang di sini dan memprovokasi Rusia? Maksud saya, guys, mari kita hidup dalam damai, tidak memprovokasi Rusia dalam tindakan, kemudian Anda membuka ventilasi di pers,” ujarnya.

Source : islamdemokrat

Informasi lanjutnya bisa baca di berita politik situs ini !!

Dapatkan juga Berita Silet & Gossip Artis di situs ini !