Rusia Ajak Amerika Serikat Lakukan Operasi Bersama di Suriah

Menteri Pertahanan Rusia, Sergey Shoigu mengatakan, pihaknya telah mengajukan proposal kepada Amerika Serikat (AS) selaku pemimpin koalisi melawan ISIS, untuk melakukan operasi bersama di Suriah. Menurut Shoigu, operasi bersama ini akan lebih memaksimalkan upaya untuk melawan ISIS dan al-Nusra.

Rusia Ajak Amerika Serikat Lakukan Operasi Bersama di Suriah


Dirinya menuturkan, operasi bersama ini tidak hanya melibatkan Rusia dan koalisi AS, melainkan juga pemerintah Suriah. Menurut Shoigu, pemerintah Suriah telah setuju untuk melakukannya.

“Mengambil langkah tersebut akan membantu kemajuan penyelesaian perdamaian di Suriah. Tentu saja langkah-langkah tersebut telah disepakati dengan Republik Arab Suriah. Kemarin kami mulai membahas langkah-langkah ini dengan rekan-rekan kami di Oman dan Jenewa,” ucap Shoigu, seperti dilansir Russia Today pada Jumat (20/5).

“Kami sarankan ke AS, mulai tanggal 25 Mei, melakukan aksi bersama dengan Angkatan Udara Rusia dan pasukan koalisi pimpinan mereka untuk merencanakan dan melakukan serangan terhadap Al-Nusra, yang tidak mendukung gencatan senjata, serta terhadap konvoi senjata dan pejuang melintasi perbatasan Suriah-Turki,” sambungnya.

AS sendiri sejauh ini belum memberikan respon apapun mengenai proposal yang diajukan Rusia itu. Jika AS setuju maka ini akan menjadi kali pertama bagi AS untuk melakukan operasi bersama dengan pemerintah Suriah pimpinan Bashar al-Assad.

Source : islamdemokrat

Informasi lanjutnya bisa baca di berita politik situs ini !!

Dapatkan juga Berita Silet & Gossip Artis di situs ini !