Puluhan Tahun Hilang, Kapal Inggris Ditemukan dengan 71 Jasad

166

Para penyelam Italia menemukan kapal selam milik Inggris yang telah menghilang selama 73 tahun di lepas pantai Sardinia pekan ini. Kapal selam yang digunakan dalam Perang Dunia II ini ditemukan dengan 71 jasad di dalamnya.

166
Dilaporkan The Independent, kapal selam P311 secara misterius menghilang sekitar 73 tahun lalu di Mediterania. Kapal selam ini kemudian ditemukan pada kedalaman 100 meter di kepulauan Tavolara oleh seorang pemburu kapal Italia, Massimo Domenico Bordone.

Kapal tersebut ditemukan setelah Bardone melihat sebuah benda dengan panjang 84 meter dan lebar 80 meter ketika meneliti di kedalaman 80 meter.

HMS P311 hilang pada Januari 1943, setelah melakukan kontak terakhir pada malam tahun baru, bersama dengan seluruh awaknya. Penemuan ini juga mengonfirmasi seluruh awak yang berada di dalam kapal selam itu tewas.

Kapal tersebut berada di dasar laut Gallurese, dan bagaikan peti mati dari baja bagi para awak di dalamnya yang kekurangan oksigen. Para pakar menduga bahwa ruangan di dalam kapal selam itu tidak dibanjiri air ketika tenggelam.

“Sepertinya [kapal itu] tenggelam dengan udara terperangkap di dalamnya, berarti para awak tewas karena kekurangan oksigen,” kata Bardone kepada surat kabar Italia, La Nuova Sardegna.

Kapal tersebut berangkat dari Malta pada 28 Desember 1942 dalam misi untuk menghancurkan kapal perang Italia, Trieste dan Gorizia, di pelabuhan Maddlena, yang terletak di pulau dengan nama yang sama di Sardinia.

Para pejabat menduga kapal selam P311 tenggelam setelah menghantam tambang di teluk Olbia, sebelah timur laut Sardinia.

Bardone menemukan kapal tersebut dalam kondisi yang masih sempurna, kecuali area yang rusak pada haluan kapal.

Angkatan Laut Kerajaan Inggris menyatakan kapal tersebut kemungkinan besar tidak dipindahkan, meski puluhan jasad berada di dalamnya.

Source : islamdemokrat

Informasi lanjutnya bisa baca di berita politik situs ini !!

Dapatkan juga Berita Silet & Gossip Artis di situs ini !