China Kirim 5 Kapal Perang Ikut Latihan Gabungan Bersama Amerika Serikat

Angkatan Laut China akan mengirim 5 kapal untuk bergabung dalam latihan gabungan yang digagas oleh Amerika Serikat (AS), RIMPAC, yang akan dihelat pada musim panas ini. RIMPAC adalah latihan maritim internasional terbesar di dunia yang diadakan dua tahun sekali di Hawaii pada bulan Juni dan Juli.

China Kirim 5 Kapal Perang Ikut Latihan Gabungan Bersama Amerika Serikat


Dalam pernyataan singkatnya, Kementerian Pertahanan (Kemhan) China mengatakan armadanya akan berpartisipasi dalam latihan perang, anti pembajakan, pencarian dan penyelamatan, serta latihan lainnya. Armada kapal perang China termasuk dua kapal perang dan kapal rumah sakit, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (3/6/2016).


Meski China sempat mengumbar kemarahan atas patroli militer AS di dekat pulau-pulau mereka di Laut China Selatan dan AS kerap mengkritik pengembangan militer China, kedua negara telah berusaha untuk meningkatkan hubungan pertahanan dan memastikan menjalin komunikasi seperti biasa.

Keikutsertaan China ini mendatangkan kritik terhadap pemerintahan Obama, termasuk dari Senator John McCain. Mereka menilai, AS seharusnya menolak kehadiran China dalam latihan tersebut. Hal itu untuk menunjukkan keseriusan AS atas tindakan militer Beijing.

Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya telah menyatakan kekhawatiran atas kekuatan militer raksasa Asia itu, serta postur yang semakin tegas di Laut China Selatan. (SindoNews)
Source: beritaduniamiliter.blogspot