PBB Sebut ISIS Fokus Lancarkan Serangan Internasional

279

Kelompok Negara Islam Irak Suriah atau ISIS disebut PBB tengah memasuki fase baru dalam menjalankan aksinya. Menurut PBB, ISIS memberikan peningkatan penekanan untuk menyerang sasaran sipil internasional.

279
“Serangan internasional terbaru yang dilakukan anggota ISIS menunjukkan bahwa kelompok teroris itu sekarang bergerak ke fase baru, dengan meningkatkan risiko serangan yang disiapkan dan terpusat untuk diarahkan pada sasaran sipil internasional menjadi lebih seriang terjadi,” bunyi laporan Sekjen PBB kepada Dewan Keamanan.

Laporan itu mencatata bahwa dalam enam bulan terakhir, ISIS telah melakukan serangan di 11 negara termasuk pertempuran di Suriah, Irak, Yaman, Afghanistan atau Libya. Serangan ini menewaskan lebih dari 500 dan melukai ratusan lainnya seperti dikutip dari Washington Post, Jumat (3/6/2016).

Berita Politik Mancanegara

Sekjen PBB, Ban Ki-moon juga mengatakan bahwa terjadi peningkatan jumlah teroris asing ke negara asalnya, beberapa diantaranya kembali setelah merasa kecewa dengan ISIS. Namun, banyak juga yang kembali untuk melakukan serangan teroris di negara asalnya.

ISIS dilaporkan juga berusaha untuk meningkatkan peran afiliasinya dan bahkan berusaha agar kelompok afiliasinya dapat mentransfer dana kepada mereka, karena saat ini ISIS berada di bawah tekanan di Suriah dan Irak.

Hal ini dikarenakan, untuk pertama kalinya sejak mendeklarasikan khilafah pada bulan Juni 2014, keuangan kelompok ini berada di bawah tekanan. Serangan udara internasional berhasil mengurangi produksi minyak mereka antara 30 dan 50 persen. Meski begitu, mereka masih bisa mendapatkan suplai persenjataan.

Source : islamdemokrat

Informasi lanjutnya bisa baca di berita politik situs ini !!

Dapatkan juga Berita Silet & Gossip Artis di situs ini !