Berakhir Sudah Masa-masa Keemasan Kuil Harimau di Thailand

289

Berakhir sudah masa-masa keemasan kuil Budha di Provinsi Kanchanaburi, Thailand. Inilah kuil terkenal yang selama ini mempertontonkan kedekatan antara manusia dan harimau.

289
Kedekatan manusia dan harimau ini sudah menarik ribuan turis ke kuil tersebut. Artis terkenal seperti Jay Z dan Beyonce bahkan pernah berfoto dengan harimau di sana.

Kini, itu semua tinggal sejarah setelah pihak berwenang membongkar dugaan praktik penjualan satwa langka ilegal di sana. Sebanyak 22 orang didakwa, termasuk 3 orang biksu.

Total 137 ekor harimau, yang selama ini dipertontonkan kepada turis dengan tarif 600 Baht, telah dipindahkan dari sana. Sebanyak 100 ekor dipindahkan pada awal pekan lalu, dan sisanya pada Sabtu (4/6) kemarin.

Berita Politik Mancanegara

Praktek pemeliharaan harimau di kuil Budha itu terpaksa dihentikan setelah ditemukannya mayat 40 ekor anak harimau di sebuah lemari pendingin. Selain itu, ditemukan pula dua lembar kulit harimau, sembilan gigi harimau, dan sekitar 800-900 Ta Krud.

“Kami masih mencari di sekitar kuil, mana tahu menemukan benda-benda yang lebih mencurigakan,” tutur Tuenjai Noochdumrong, Direktur Wildlife Conservation Office Thailand, seperti dikutip CNN, Sabtu (4/6).

Ta Krud adalah kantung kecil berisi kulit harimau, biasanya dikenakan sebagai liontin kalung. Ia dianggap memiliki kekuatan magis, membuat penggunanya tak terkalahkan.

Salah satu liontin itu ditemukan di kamar biksu kepala. Sang biksu kepala sendiri tak diketahui keberadaannya.

Tapi pengelola kuil itu, melalui postingan di media sosial, membantah kepemilikan kulit-kulit harimau tersebut. “Penemuan kulit dan liontin itu mengejutkan kami dan juga seluruh dunia. Penemuan itu sangat menjijikkan dan kami tidak merestui hal tersebut. Kami berharap pelakunya dihukum.”

Source : islamdemokrat

Informasi lanjutnya bisa baca di berita politik situs ini !!

Dapatkan juga Berita Silet & Gossip Artis di situs ini !