Milisi Syria Rebut Tank T-90S Tercanggih Rusia

Sebuah grup milisi, bernama “Harakat Nour al-Din al-Zenki” atau “Nour al-Din al-Zenki Movement” dilaporkan telah menangkap sebuah Tank Tempur Utama atau Main Battle Tank (MBT) tercanggih buatan Russia tipe T-90S.

Grup tersebut telah mengunggah sebuah foto dari MBT T-90 dan mengklaim Tank tersebut telah mereka rebut pada sebuah pertempuran yang berlangsung di daerah pertanian Mallah di sebelah utara Aleppo pada 9 Juni kemarin.

Milisi Syria Rebut Tank T-90S Tercanggih Rusia


Laporan tersebut mengungkap bahwa tank tersebut digunakan oleh pasukan Tiger Tentara Arab Syria sebelum akhirnya direbut oleh grup milisi al-Zenki Movement units.

Pada 9 Juni lalu, Pasukan pemerintah Assad melancarkan sebuah serangan di daerah Mallah, tepatnya sebelah utara dari jalan Castello yang strategis, jalan tersebut merupakan jalur suplai terakhir para milisi.

Sebuah laporan menjelaskan bahwa serangan tersebut merupakan langkah awal yang merupakan bagian dari persiapan sebelum akhirnya pasukan pemerintah melakukan serangan penuh terhadap kota Aleppo. Penggunaan T-90 dalam penyerangan itu telah memperkuat argumen dari laporan itu.

Russia mengirimkan sejumlah MBT T-90s kepada angkatan bersenjata Syria pada akhir 2015 lalu sebagai bagian dari program dukungan Rusia terhadap pemerintah berdaulat syria.

Sejumlah MBT tersebut diterima oleh Pasukan Tiger yang merupakan Unit pasukan paling efektif dari tentara Arab Syria.

Sebuah laporan juga menyebut bahwa sebagian dari MBT T-90S yang diterima oleh pemerintah Syria selanjutnya diberikan kepada milisi syiah Iran yang mendukung tentara Arab Syria.

T-90 adalah sebuah Tank tempur utama rancangan Russia yang dikembangkan dari T-72, dan sampai saat ini menjadi tank paling modern di angkatan darat dan marinir Rusia. Saat ini tank ini juga dioperasikan beberapa negara lain, India misalnya.

MBT T-90S memiliki spesifikasi Berat 46.5 ton, Panjang 9.53 m (31.27 ft), Lebar 3.78 m (9.12 ft), Tinggi 2.22 m (7.28 ft) serta dikendalikan oleh 3 orang awak.

Source : islamdemokrat

Informasi lanjutnya bisa baca di berita politik situs ini !!

Dapatkan juga Berita Silet & Gossip Artis di situs ini !